Welcome

Selamat datang di Blog saya...Semoga anda merasa terhibur nantinya...Kritik dan saran anda sangat berarti buat saya.

Senin, 03 November 2008

Kekerasan Pamong Praja

Siapa sich yang g’ kenal ma Satpol PP.Oknum yang satu ini memang sering melakukan tindak kekerasan kepada kaum-kaum yang lemah.Entah apa yang mereka cari sampai bisa-bisanya berbuat begini.mereka tak pernah pandang bulu,mulai dari yang kecil sampai yang tua , dari bocah-bocah kecil yang mengamen bahkan sampai kepada orang yang sudah renta yang mengemis dijalanan,mereka tak luput dari kekerasa Satpol PP. Watak kolonialisme dan militerisme yang menjangkiti tubuh Satpol PP menghasilkan tindakan-tindakan represif, koruptif, dan gila kuasa. Tindakan ini sebagai tren yang akan terus berlangsung jika sistem dan paradigma kelembagaannya tetap sama. Tindakan ini lebih banyak ditujukan kepada rakyat miskin yang selama ini menjadi sasaran utama keganasan Satpol PP karena dianggap biang ketidaktertiban atau entitas yang paling dianggap menggaggu ketertiban umum. Menurut data Institute for Ecosoc Rights, pada tahun 2006 terjadi 146 kasus penggusuran dengan korban 42.498 warga. Pada tahun 2007 terjadi 99 penggusuran dengan 45.345 korban. Hingga Februari 2008 terjadi 17 penggusuran dengan 5.704 korban…

Disini akan saya ceritakan beberapa kekerasan yang dilakukan oknum satpol PP tersebut

1. 1.Pengejaran yang dilakukan Satpol PP di daerah balige terhadap 7 orang pelajar SMK sehingga pelajar tersebut masuk jurang.Satpol PP pada saat itu melakukan razia siswa yang bolos sekolah sampai siswa tersebut lari ketakutan dan akhirnya masuk kedalam jurang. Tiga korban meninggal dunia dan empat korban lainnya harus dirawat intensif di rumah sakit. (sumber:seputar Indonesia,23 januari 2008)

2. 2.Penangkapan sebelas anak pengamen dan anak jalanan di mojokerto lalu dibuang di hutan jati dawarbladong oleh Satpol PP tersebut.(sumber:seputar Indonesia 12 februari 2008)

3. 3.Penangkapan dan pembuangan kehutan terjadi lagi di kawasan nganjuk,Jawa timur.Disini terdapat 20 orang korban dari kalangan pengemis dan gelandangan.setelah mereka dirazia bukan dibawa ke panti rehabilitasi untuk dilatih,justru dibuang ke pinggir hutan Di Desa Ketawang,Kec.Gondang(sumber:liputan6.com,7 februari 2008

4. .4.Penggusaran dan pembakaran yang dilakukan Satpol PP tehadap pedagang dan warga rawasai di Jakarta.Pedagang digusur dengan paksa oleh Satpol PP.sebagian pedagang bertahan dan berjaga.Namun sore harinya kios mereka dibakar.Satpol PP yang menjaga mereka hanya diam dan tak berupaya memadamkan api.sebelumya Satpol PP bentrok dengan polisi.Puluhan Satpol PP menganiaya dan merampas hp pedamping warga.Sungguh keji,sudah orang dianiaya hp pun ikut dirampas(sumber:Kompas 10 February 2008;JCSC)

5. 5.Menendang,memukul dan merusak barang yang dilakukan terhadap pedagang bunga pasar Barito di Jakarta. Satpol PP memaksa pedagang meninggalkan lokasi dengan cara menendang, memukuli pedagang, melakukan perusakan terhadap kios-kios bunga dan ikan hias. Mereka juga melakukan perusakan terhadap aquarium, bunga-bunga dan beberapa harta benda lainnya seperti meja, kursi. Dalam melakukan perusakan ini, Satpol PP melakukannya secara membabi buta, para pedagang yang ingin menyelamatkan harta bendanya merasa takut. Bahkan ada pedagang yang diamankan dan sempat mengalami pemukulan.sungguh sangat keji mereka pikir pedagang itu memodali semuanya pake kertas(sumber:LBH Jakarta 18 January 2008

6. 6.Penangkapan,penganiayaan,penceburan waria kekali di Jakarta.Waria tersebut yang bernama Elly dianiaya oleh seorang anggota Satpol PP di taman Lawang .Jakarta pusat.Waria Lain ditangkap dan sebelumnya di lempari dengan batu.Elly dan dua temannya yang tertangkap diceburkan kesungai.Elly tenggelam terbawa arus air dan tewas.Apakah penyebab terjadinya penganiayaan itu,apakah Satpol PP tidak dapat main gratis dengan waria tersebut J(sumber:Jurnal Nasional 10 desember 2007)

7. 7.Penggusaran dan penikaman terhadap pedagang kaki lima (PKL) di Manado.Satpol PP menikam pedagang yang sedang diamankan petugas kepolisian saat bentrok yang terjadi ketika penggusaran.Satpol PP=Penjagal.Sangat keji(sumber:Metro TV online 8 November 2007

8. 8.Penggusuran yang mengakibatkan percobaan bunuh diri yang terjadi terhadap PKL di Manado.Satpol PP merobohkan secara paksa lapak-lapak milik PKL tersebut.Mengambil paksa sisa-sisa lapak milik pedagang.Kekerasan ini menimbulkan trauma mendalam pada salah satu korban mencoba bunuh diri(sumber:berita makasar 27 juni 2007)

9. 9.Menangkap dan memukuli PKL di Pontianak.Satpol PP sering menangkapi dan memukul PKL sehingga para pedagang selalu takut dan was-was bertemu dengan satpol PP.Kekerasan yang dilakukan selalu saja membuat para pedagang was-was untuk berdagang demi mencari beberapa suap nasi(sumber:Pontianak pos,2 mei 2007)

10. 10.Pemukulan yang dilakukan Satpol PP terhadap Wartawan di Yogyakarta.Satpol PP memukul muka dan bahu kameraman Metro TV yang meliputi acara gerebek Maulud.Sebelumnya mereka sudah mendorong dan menendang korban.Korban mengalami luka memar di muka dan bahu(sumber:Sinar Indonesia baru. 1 april 2007)

11. 11.Pemukulan dan pembakaran alat usaha yang dilakukan Satpol PP tehadap pedagang jalanan di pekanbaru.Petugas Satpol PP menyerang seorang pedagang jalanan di SD 08 pekanbaru.Mereka menendng kompor minyak dan hampir membakar sepeda motor milik pedagang tersebut.Kekerasan tersebut dilakukan di depan anak-anak siswa SD.Apakah kekerasan pantas dilakukan di depan anak SD.Apakah suatu saat mereka tak akan menirunya(sumber:rioinfo.com 28 April 2007)

12. 12.Pemukulan yang dilakukan terhadap pemilik studio di Bangkinang.Wajah pemilik studio yang bernama Dahlina bonyok kena pukulan Satpol PP saat mempertahankan peralatan studio yang akan mereka sita.Dia malah sempat terjungkal dan mengalami cidera,sehingga terpaksa dirawat dirumah sakit di Bangkinang(sumber:Rioinfo.com 23 April 2007)

13. 13.Mengoroyok warga pekanbaru yang dilakukan Satpol PP terhadap Herman,warga JL.Seroja luka memar,dan kakinya sobek karena dikeroyok 70 anggota Atpol PP.Hal ini terjadi karena Herman pernah menegur salah satu Anggota Satpol PP yang terlalu malam mengantar pacarnya yang juga warga Jl.Seroja .Karena tersinggung.ia memanggil kawannya untuk datang dan mengeroyok herman(sumber:Detik.com,11 maret 2007)

14. 14.Penamparan dan penggundulan yang dilakukan kepada joki 3 in 1 di Jakarta.Sugiarti,seorang joki 3 in 1 ditangkap dan digunduli petugas Satpol PP.Ia tertngkap beserta anaknya yang masih kecil.Anaknya melihat ibunya yang sedang digunduli dan ditampar wajahnya(sumber:detik.com 14 September 2006)

15. 15.Menganiaya hingga patah kaki terhadap pedagang tanjung pinang.Satpol PP menangkap Eddy,seorang pedagang yang terkena razia.Eddy sebenarnya hanya singgah sebentar dilokasi razia karena menunggu angkutan umum.Saat petugas akan menangkapnya ia berusaha menjelaskan bahwa ia tidak berdagang.Namun petugas malah menangkapnya dan membawanya ke kantor Walikota.Sampai disana 7orang anggota Satpol PP mengintrogasi terus-menerus hiingga Patah kaki(sumber:detik.com,22 maret 2004)

Begitulah kejahatan-kejahatan yang dilakukan Satpol PP selama ini.itu tidaklah seberapa,masih banyak lagi perbuatan-perbuatan yang mereka lakukan kepada kaum-kaum yang lemah.Mereka memang tak punya rasa kasihan sedikitpun.Kekerasan Satpol PP yang saya buat diatas terdapat dari berbagai sumber.Mudah-mudahan sifat seorang Satpol PP ini tidak kita tiru sedikitpun.Sayangi lah sesama itu.Karena suatu saat kita akan coba juga menjadi seperti orang itu.Apakah Satpol PP itu tidak merasakan sakit yang di raskan oleh rakyat-rakyat biasa itu.apakah dia tidak merasakan seandainya pedagang kaki lima itu adalah ibunya..Mereka yang mengemis,berdagang,mengamen dan lain-lainya hanya demi sesuap nasi melakukan itu,Namun mereka bekerja selalu di halangi leh Satpol PP dengan cara kekerasan.Satpol PP memang keji

Tidak ada komentar: